Menteri Hanif: TKA Masih Terkontrol

By Admin

nusakini.com--Akhir-akhir banyak wacana yang simapang-siur tentang Tenaga Kerja Asing akan merampas semua peluang kerja tenaga kerja dalam negeri. Padahal, hal tersebut hanyalah sebatas wacana yang dilontarkan oleh segelintir orang yang tidak berbasis data. 

Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri menyatakan, bahwa jumlah pekerja asing di Indonesia dari tahun ke tahun malah cenderung menurun. Bahkan, kata dia, jumlah TKI di China masih jauh lebih banyak dibandingkan jumlah pekerja China di Indonesia. 

Menaker Hanif menjelaskan, pekerja asing di Indonesia berada pada kisaran 70 ribuan orang dari semua negara atau sekitar 0,027 persen jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia sekitar 257 juta. Angka itu juga sekitar 0,05 persen jika dibandingkan dengan angkatan kerja Indonesia tahun 2016 dengan jumlah sekitar 128 juta. 

"Jika dibandingkan dengan tahun 2011, 2012 dan 2013, jumlah pekerja asing pada tahun 2014, 2015 dan 2016 cenderung menurun," kata Menteri Ketenagakerjaan RI yang dikenal selalu membalas pesan para pekerja yang mengeluh dan mengaduh kepadanya, Senin, (18/7). 

Hal tersebut disampaikan Menteri Hanif guna membantah isu membanjirnya pekerja China ke Indonesia yang ditengarai sebagai kompromi atas kencangnya bantuan dana infrastruktur dari negeri Tirai Bambu.(p/ab)